Resensi Game Dorong Kotak
Berkembangnya teknologi informasi pada masa seperti sekarang ini, banyak mendorong kemajuan diberbagai bidang, contohnya pada masa perkembangan aplikasi Komputer dan Telepon selular, dari mulai software untuk membuat program aplikasi sampai dengan game. Teknologi game yang digunakan dari mulai game non animasi hingga game berbasis animasi 3D. Media untuk dapat meng-aplikasikannya sekarang ini dapat juga menggunakan telepon selular, hal ini juga didukung software aplikasi yang telah berkembang dan bisa digunakan pada media ini. Media yang dikembangkan pada pada telepon selular Salah satunya adalah teknologi J2ME (Java 2 Micro Edition) platform yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi mobile device seperti pada peger, telpon selular, dan PDA. J2ME juga digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi mobile device, seperti aplikasi game dan lain-lain.
Banyak faktor yang mendorong mengapa media telepon selular ini banyak digunakan untuk media peng-aplikasian game, salah satunya adalah karena tingkat fleksibel dan peng-aplikasian yang mudah sehingga dapat diakses oleh siapa saja. Game juga tidak begitu sulit untuk dibuat dan dikembangkan oleh banyak orang. Saat ini game telah banyak ber-evolusi, mulai dari game olahraga, petualangan sampai dengan game edukasi. Sayangnya game juga tidak terlepas dari efek negatif yang timbul dari opini masyarakat yang berkembang hingga kini. Hali ini timbul karena hasil pencerminan yang dilakukan oleh orang yang bermain game tersebut tanpa batasan waktu yang jelas.
Berangkat dari hal tersebut, maka penulis ingin coba meminimalisir opini negatif tentang game dengan cara membuat aplikasi game untuk mengasah otak menggunakan J2ME (Java 2 Micro Edition) yang diberi nama “GAME MENDORONG KOTAK”. Game ini bertujuan untuk mengasah otak dan mengoptimalkan kinerja otak dengan suasana yang santai dan nyaman namun membutuhkan sedikit kreatifitas dari pemainnya.
Pada pembuatan aplikasi game asah otak ini, penulis akan memaparkan secara jelas tentang pembuatan program aplikasi game asah otak menggunakan J2ME dan cara peng-aplikasiannya untuk pemakai. Game ini hanya dapat bekerja unutk perintah mengganti level, melihat score dan keluar dari permainannya tanpa savepoint dan game over.
Tujuan pembuatan game ini adalah untuk menghasilkan program aplikasi game asah otak yang baik dan menarik, serta mudah untuk digunakannya. Tujuan berikutnya adalah untuk meminimalisir opini negatif yang timbul dan meperbaiki citra game menjadi lebih baik lagi.
Metode dari penelitian untuk pembuatan aplikasi game asah otak ini adalah menggunakan system pencarian opini dari media yang ada. Setelah banayak mendapatkan gambaran opini tentang game, maka penulis coba membuat aplikasi game yang tidak hanya bersifat menghibur tetapi juga mengandalakan kinerja otak untuk mengembangkan kretifitas bagi yang memainkannya.
Pada pembuatan aplikasi game asah otak ini, Pada bagian pendahuluan ini akan memuat latar belakang pemilihan topik, ruang lingkup, tujuan dari penulisan penelitian ini, metode penelitian serta sistematika penulisan. Pada penjelasan ini diuraikan sebuah perancangan program yang menggunakan bahasa pemrograman Java versi jdk1.6.0_01, NetBeans IDE 6.0 sebagai editornya, J2ME Wireless Tollkit 2.5.2_01 for CLDC, J2EE 1.4 SDK dan cara peng-aplikasian program game tersebut pada media telepon selular.
No comments:
Post a Comment